• Posted by : Unknown Sabtu, 28 September 2013

    Hangul, Hanja dan Hanzi dalam namamu

    beberapa waktu yang lalu, aku mendapat sebuah pesan yang berisi bahwa minta dibuatkan nama korea yang ditulis dalam bentuk hangul dan hanja. awalnya karena dia tidak bisa menggunakan aplikasi yang aku rekomendasikan itu. tapi untuk membuat hanja-nya juga, jujur aku belum pernah mencoba juga, karena kebanyakan jika membuat nama korea yah cuman dalam bentuk hangul saja.

    baiklah kita kenalan dulu apa itu hangul dan apa itu hanja.


    mengutip dari wikipedia. Hangeul (한글; dibaca [ˈhɑːŋɡʊl]), adalah alfabet yang digunakan untuk menulis Bahasa Korea. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung (1397-1450) pada tahun 1443 masa Dinasti Joseon. Meskipun tulisan Hangeul terlihat seperti tulisan ideografik (tulisan dalam bentuk 'simbol' seperti aksara Tionghoa), Hangeul sebenarnya merupakan abjad fonetik atau alfabet, karena setiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda. Alfabet Hangeul terdiri dari 24 huruf (jamo)— 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Sebenarnya Hangeul masih mempunyai 3 konsonan dan 1 buah huruf vokal, namun dihilangkan.


    sedangkan Hanja (secara harafiah: aksara Han), atau Hanmun (한문; 漢文), yang kadang diterjemahkan sebagai aksara Tiongkok-Korea, adalah sebutan untuk aksara Tionghoa (Hanzi) dalam bahasa Korea, tetapi secara spesifik merujuk kepada aksara-aksara yang dipinjam bahasa Korea dan dijadikan bagian dari bahasa tersebut melalui pergantian pengucapan.


    dan Hanzi adalah bentuk-bentuk tertulis bahasa Tionghoa, dan dalam jumlah yang lebih kecil; bahasa Jepang dan bahasa Korea (hanya di Korea Selatan). Aksara Tionghoa telah menghilang dari bahasa Vietnam — di saat mereka digunakan hingga abad ke-20 — dan Korea Utara, di saat mereka telah digantikan sepenuhnya oleh Hangul. Aksara Tionghoa disebut hànzì dalam bahasa Mandarin, kanji dalam bahasa Jepang, hanja atau hanmun dalam bahasa Korea, dan Hán tự (juga digunakan dalam tulisan chu nom) dalam bahasa Vietnam.

    masih bingung? lalu apa kaitannya dengan pembuatan nama?

    okey, aku pakai contoh nama asli oppadeul dari super junior yah.. biar lebih banyak contohnya ^^


    (catatan : disini aku tidak mencantumkan Hangeng, Zhoumi dan Henry. bukan berarti aku mendiskriminasikan mereka. tapi perlu diketahui bahwa ketiga member tersebut merupaka member asal cina, sehingga tidak memiliki nama lahir dalam korea / hangul)

    pendek kata, nama dalam hangul pasti mempunyai hanja. lalu bagaimana bila kita sudah mempunyai nama korea dalam hangul untuk mengetahui hanja-nya?
    coba perhatikan nama Kim Heechul dan Shin Donghee. nama mereka berdua memiliki karakter hangul yang sama yaitu Hee (희). lalu lihat hanja dari nama mereka, keduanya memiliki hanja yang bebeda. Hanja Hee (희) dalam nama Kim Heechul ialah 希 (Xī) yang mengandung unsur 'rare, hope'. sedangkan Hanja Hee (희) dalam nama Shin Donghee ialah 熙 (Xī) yang mengandung unsur 'bright'.

    nah, satu karakter hangul dapat menjadi beberapa hanja dan semua itu tergantung dari arti atau makna hangul tersebut. aku beri contoh lain, coba kalian perhatihan nama Yunho, Yoona, dan nama koreaku sendiri Yoonhee, ketiganya mengandung karakter Yoon (), dan memiliki hanja/hanzi serta arti yang benar-benar berbeda.
    Yunho >> Hangul: 호; Hanja: 浩 (pinyin : Yǔn hào) >> mengandung unsur 'Leader'

    Yoona >> Hangul: 아; Hanja: 娥 (pinyin : Rùn é) >> mengandung unsur 'Silk/Beauty'

    YoonHee >> Hangul: 희; Hanja: 昀熙 (pinyin : Yún xī) >> mengandung unsur 'Bright'


    Semoga bermanfaat ^^..

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Unbreakable Machine Doll - Anime Generation 21 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan